Posted by: moes | September 1, 2008

Ngabuburit Hari Pertama Ramadhan

Ada yang belum tahu maksud “ngabuburit”?

Ngabuburit adalah istilah dalam bahasa sunda yang artinya kurang lebih ialah kegiatan menunggu sore hingga waktu maghrib tiba. Istilah ini seringkali didengar pada bulan Ramadhan, karena memang ngabuburit banyak dilakukan dalam rangka menunggu manghrib supaya tidak terasa lama. Apa saja kegiatan dalam rangka ngabuburit? Nah untuk kegiatannya bisa bermacam-macam, tentunya sesuai selera dan pilihan orang yang berpuasa. Ada yang menghabiskan waktu di luar rumah dengan jalan-jalan di Mall atau tempat belanja makanan untuk berbuka, ikut babalapan (balap motor, sepeda amatiran), atau sekedar keliling-keliling kota. Ada juga yang menghabiskan waktu di dalam rumah dengan nongkrong di depan komputer atau tv, main game di hp/pc, baca buku, dan lain sebagainya.

Kalo kegiatan diatas kelihatannya sekedar mengisi waktu, ada juga yang ngabuburitnya dengan tadarus alquran, ikut pengajian di masjid, nonton siaran tv yang membahas Ramadhan, diskusi atau membereskan pekerjaan dan tugas-tugas yang ada.

Saya sendiri, sore tadi selepas ashar jalan-jalan ke bilangan Gerlong, dan mengikuti majlis ilmu walau hanya sebentar. Dari majlis itu saya mendapatkan petuah dari sang ustad bahwa Ramadhan jangan sampai menurunkan kualitas kegiatan sehari-hari, bahkan kalau bisa lebih baik lagi. “ingat!“, lanjut pak ustad, “pada zaman nabi dulu, perang badar dilaksanakan ketika bulan Ramadhan. Itu artinya Ramadhan tidak menjadikan halangan, melainkan sebaliknya menjadi pendorong supaya aktivitas kita lebih baik”.

Ah.., mungkin banyak kegiatan-kegiatan yang lain dalam rangka ngabuburit..

Yang jelas mudah-mudahan waktu kita di bulan Ramadhan ini bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemuliaan Ramadhan, limpahan pahala, berkah, rahmat dan ampunanNya, serta tidak membiarkan hari-hari kita lewat begitu saja tanpa makna. Salah satunya tentu dengan memilih kegiatan ngabuburit yang sesuai dengan semangat Ramadhan.

Nah, Bagaimanakah dengan ngabuburit anda?


Responses

  1. Untuk menambah ibadah, saya sangat setuju bila ngabuburit diisi kegiatan yg positif spt ngaji dll. Bukankah Ramadhan bulan ibadah?

  2. ngabuburit (sebaiknya) dg tadarus/tilawah or mengikuti kajian/majelis ‘ilmu menjelang berbuka di masjid2 terdekat. Diisi yg bermanfaat bin positif.

    Ramadhan dpt diibaratkan dg tanah yg subur, apa saja yg ditanam pasti tumbuh. Barangsiapa yg tdk menanam, mk yg tumbuh adlh ilalang. Menanam yuks!

  3. salam

    saya sangat setuiju untuk ngabuburit lebih baik untuk mencari ilmu yang sangat bermanfaat baik dunia dan akhirat.

    Ramadhon adalah bulan yang penuh dengan berkah

  4. Aku ngabuburit di Keda Mie Janda
    soalnya baru buka mendekati jam buka puasa😀

  5. Kalo saya tahu ngabuburit dari TV🙂

  6. ngabuburit?? ngadem di warnet sebelah:mrgreen:

  7. selalu sampe rumah pas buka jd ngabuburit di perjalanan on the bus heheh….
    tp klu pas libur baru dech lebih dirumah saJah..:)

  8. – kalu di jakarta ngabuburit sambil macet….
    – aktivitas saya sih tetep berjalan seperti biasa, tapi ngantuknya ga nahan euy… mungkin awal2 kali yah…

  9. ngabuburit di dapur
    hehehe

  10. M jaga di net sampe sore tiap hari euy..
    sampe rumah dah mo maghrib aja… ya gt deh..

  11. saya ngabuburit di kampus dengan hotspot …. ngebog gratis🙂

  12. KEPADA PARA BLOGGER YANG SEDANG BERPUASA ..SEKALIAN …..YANG MAMPIR KESINI..

    SAYA MINTA TOLONG DI BANTU,….

    COBA KE

    http://galeter.wordpress.com

  13. ngabuburit sambil ngeliatin kolak & es cendol !!!

  14. ngabubuit masih on the road😦

  15. ngabuburit dijalan sambil jepret sana-jepret sini ditengah2 hiruk pikuk kendaraaan

  16. saya ngabuburit nya blogwalking… hehe

  17. ngabuburit depan TV🙂

  18. klo saya ngabuburitnya biasanya nge blog sambil maen game😀

  19. salam kenal…

    ngabuburit…? waduh hampir ga sempet…, kena macet dijalan…, paling keren… ndegerin murattal..

  20. wah ngabur aja deh diburitan kapal…menikmati buih ombak dilautan

  21. Jalani puasa dengan aktivitas padat. Setuju, jangan malas ya bro.

  22. Betul tetep semangat bekerja dan beribadah yang lainnya selain puasa.
    Ngabuburit sambil ngeblog…

  23. saya mengisi sore jelang puasa dengan mengajar TPQ di masjid (jika pas jadwalnya), namun tak jarang sekedar nonton TV atau baca buku.
    jarang pergi keluar.

  24. Ngabuburit?
    Nggak sempat…
    Pulang kantor pukul lima sore, waktu habis di jalan.. tau-tau masuk Maghrib.. lanjut sholat.. buka di jalan… terus pulang ke rumah…

  25. kamu kalau ngabubutit suka dimana euy ?

  26. Ooo.., dari sunda ya, saya kira itu adalah kata daari bahasa jawa. Kata itu sangat terkenal.
    Salam kenal,

  27. Ngabuburit sambil ngeblog asyik juga euy…🙂

  28. terima kasih sharing info/ilmunya…
    selamat Berpuasa… semoga segala ibadah kita diterima oleh Allah SWT, amin…

    mengapa kita masih didera malas beribadah, baik mahdhah maupun ghayru mahdhah…? untuk itu saya membuat tulisan tentang
    “Mengapa Pahala Tidak Berbentuk Harta Saja, Ya?”

    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/08/mengapa-pahala-tidak-berbentuk-harta.html

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

  29. Ya, semoga hikmah ramadhan terus mendorong kita menjadi lebih baik lagi..lagi…lagi…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: