Posted by: moes | August 14, 2008

Hari Pramuka dan Kenangan

Ketika berangkat ke kampus tadi pagi, saya melihat anak-anak berseragam pramuka berbaris rapi menuju sebuah lapangan. Jumlahnya lumayan banyak, dan kayanya akan terus bertambah. Mulanya heran, kenapa ko hari Kamis para siswa pake seragam pramuka ya,.. tapi herannya segera sirna tak kala ingat hari ini tanggal 14 Agustus. Meski sudah lupa alasan mengapa hari ini dipilih sebagai hari pramuka, saya langsung teringat masa-masa sekolah dulu.

Seperti teman-teman yang lain, saya ikut dan aktif di pramuka sekolah baik tingkat SMP maupun SMA. Bahkan ketika mengikuti Lomba TIngkat baik II maupun III, sekolah kami termasuk tim berprestasi. Anggota tim waktu itu, lumayan menjadi “seleb” ketika pulang sehabis lomba.

Begitu pula di tingkat SMA, meski sudah tidak zamannya lagi lomba-lombaan, saya masih aktif dan justru jadi penyelenggara atau setidaknya panitia lomba-lomba di pramuka tingkat Kwarran (kwartir ranting) maupun Kwarcab (Cabang). Bahkan kegiatan ini lebih menyita waktu luang di luar sekolah.

Lalu apa yang saya dapat dari pramuka?

Sungguh, saya sangat berterimakasih punya pengalaman dengan aktivitas di kepramukaan. Banyak hal telah secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi karakter diri dalam pergaulan, aktualisasi diri, kematangan pribadi dan leadership. Semua itu dapat diserap dari berbagai kegiatan positif di Lingkungan pramuka, seperti games yang mendidik dan kompetitif, belajar survival di alam bebas, Camping, Hiking, Climbing, dan lain sebagainya.

Bagaimana Pramuka sekarang

Praktis, setelah memasuki masa kuliah, saya tidak lagi berhubungan dengan aktivitas kepramukaan, sehingga  tidak tahu perkembangannya. Tapi, di tengah serbuan game online, PS, Xbox, Acara TV, dan segudang acara menarik yang meramaikan dunia anak-anak dan remaja, masihkah pramuka menarik bagi mereka? masihkah pramuka mendapatkan tempat di hati mereka, sebagamana zaman saya dulu?

ahh, semoga kelompok-kelompok yang tadi pagi bergegas ke lapangan upacara masih bisa merasakan manfaat dari pramuka. Tak sekedar upacaranya.. semoga

selamat hari pramuka


Responses

  1. Pertamax

  2. Eng..Tanggal 14 agus bukannya hari kelahiran Robert B. Powell? Bapak Pramuka sedunia ? *mikir mode on

    Dulu, saya juga pramuka…waktu SD..
    Agenda Pramuka yang paling saya senangi adalah
    hiking (ato tracking mungkin, ya)
    dan membaca sandi…

    seneng juga sama nyanyi2nya…(meski liriknya kadang rada aneh…he..he..)

  3. emang masih ada yang ekskul pramuka? bukan cuma sekedar seragam wajib tiap hari jumat?

  4. pramuka itu baik sekali untuk membentuk karakter kita yg masih anak dan remaja.

    semoga digalakkan lagi🙂

  5. pasti dapat tempat krn ngak semua an suka main game playstation, ngak gerak seharian dan tiba tiba menyadari kalau badan sudah kegemukan🙂

  6. Duh, belum tamat2 nih….bisa nuntasin Prince off Persia nggak? saya masih binun nih…mengalahkan raksasanya gimana?

    BTW salam Pramuka Juga! Prok prok prok

  7. kepanduan menjadi mata ekstra kuliluler disekolahan, asik banget … ingat lagunya
    (pramuka pramuki pramuka banyak daki seminggu sekali bajunya ndak diganti…) habisnya bajunya coklat sihh.

  8. inget paramuka inget persami heheh..
    biasanya pas hari pramuka 14 agustus ngumpul sama beberapa sekolahan kemah bersama upacara,trus hiking sambil baca sandi..:)

  9. HHmmm …
    Saya juga dulu aktif di pramuka …
    namun setelah bekerja …
    saya tidak aktif lagi …

    Ya … pramuka memang banyak kenangan manisnya .. plus manfaatnya pun saya pikir cukup banyak

  10. Pramuka yah…?
    jadi inget sesuatu,

    pertama, sama nih hari lahirnya,
    kedua…, pernah jadi juara umum waktu jambore tingkat SD, btw regu kami mengalahkan regu “unggulan”,

    keren…😎

  11. paramuka is the best for me


Leave a Reply

Categories

